Monday, October 21, 2019

Selamat Bekerja Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Baru



Selamat Atas Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024. Selamat Kepada Bapak Joko Widodo dan K.H Ma'ruf Amin. Selamat bekerja mewujudkan visi dan misi untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Dalam pidato sambutannya usai dilantik di Gedung MPR (20/10), Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa di dalam dunia yang penuh risiko, sangat dinamis, dan kompetitif, Indonesia harus terus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru. Jangan sampai terjebak dalam rutinitas yang monoton. Menurutnya, inovasi seharusnya bukan hanya pengetahuan, inovasi adalah budaya.
Presiden mengingatkan bahwa potensi Indonesia untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah sangat besar. Saat ini, Indonesia sedang berada di puncak bonus demografi. Akan menjadi kesempatan besar jika kita mampu membangun SDM unggul dengan didukung oleh eko-sistem politik dan dengan eko-sistem ekonomi yang kondusif.
Lima program prioritas yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin di antaranya: Pertama, pembangunan SDM yang pekerja keras, dinamis, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, pembangunan infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, yang mempermudah akses ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru, dan yang mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat. Ketiga, penyederhanaan regulasi yang menghambat pertumbuhan. Berbagai kendala regulasi harus segera disederhanakan, dipotong, dipangkas.
Keempat, penyederhanaan birokrasi terus dilakukan secara besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja juga harus diprioritaskan. Prosedur dna birokrasi yang panjang harus dipotong. Presiden juga mengingatkan bahwa tugas birokrasi adalah “making delivered”.
Kelima adalah transformasi ekonomi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa moderen yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.





0 comments:

Post a Comment